UCAPAN TERBAIK SAAT LEBARAN

Mohon maaf lahir dan batin, Bahasa Arabnya: Asalukal afwan zahiran wa bathinan.

Lalu yang dilakukan manusia Indonesia: minal 'aidin walfaizin artinya: TERMASUK DARI ORANG ORANG YANG KEMBALI SEBAGAI ORANG YANG MENANG.

Ini tidak diterima, ini perkara yang disinggung dalam firman Allah Q.S. 2:61 (artinya): ..Apakah kalian ingin mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik?

Berikutnya ada sebuah hadits:
  Wa’ilah berkata, Aku bertemu dengan Rasulullah Saw pada hari Ied, lalu aku berkata: Taqabbalallahu minna wa minka. Beliau bersabda: Ya, Taqabbalallahu minna wa minka.

Hadits di atas diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam Al Majruhin (2/319), Al Baihaqi dalam Sunan-nya (3/319), Adz Dzahabi dalam Al Muhadzab (3/1246)
Hadits di atas DIDHAIFKAN oleh Ibnu ‘Adi dalam Al Kamil Fid Dhuafa (7/524), oleh Ibnu Qaisirani dalam Dzakiratul Huffadz (4/1950), oleh Al Albani dalam Silsilah Adh Dhaifah (5666).

YANG BENAR, ucapan ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minka’ HANYA DIUCAPKAN SEBAGIAN SAHABAT, berdasarkan sebuah riwayat: Artinya: “Para SAHABAT Rasulullah Saw biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)”

Atsar di atas diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294), DISHAHIHKAN oleh Al Albani dalam Tamamul Minnah (354).

Karenanya, BOLEH MENGAMALKAN UCAPAN INI, tapi tidak diyakini ini hadits Nabi Saw.

Akhiri Ramadhan mu dengan hal yang terbaik.

Wallahu'alambishawab

Share this

0 Comment to "UCAPAN TERBAIK SAAT LEBARAN"

Posting Komentar