BAGAIMANA MENJADI ORANG TUA BAGI REMAJA


Apa yang perlu diperhatikan dalam berdiskusi dengan remaja?

Sampaikan kepada orang tua remaja untuk tidak bersikap menggurui. Jangan beranggapan bahwa kita lebih mengetahui sesuatu dibandingkan dengan remaja. Berikan kesempatan kepada remaja untuk mengemukakan pandangannya. Berikan argumen yang jelas dan masuk akal terhadap suatu persoalan (jangan mengatakan…. Pokoknya…..). Berikan dukungan pada remaja bila mereka memang patut diberikan dukungan. Katakan salah jika mereka salah, dengan alasan yang masuk akal menurut ukuran mereka. Jadikan mereka sebagai teman diskusi bukan sebagai individu yang harus diberitahu.

Mendorong orang tua untuk menjadi sahabat bagi remaja?

Perasaan orang tua dalam membina anak remaja tidak dapat diukur. Orang tua harus menyadari bahwa pada saat ini memasuki masa dunia remaja, anak-anak mengalami masa transisi antara lain tidak ingin tergantung dengan orang tua, merasa tidak membutuhkan orang tua, tidak banyak bicara, serta tidak ingin banyak diawasi. Semua hal tersebut harus disadari dalam membangun komunikasi dengan remaja. Remaja membutuhkan bimbingan orang tua untuk membentuk pribadi yang baik dan mengembangkan berbagai potensi diri. Remaja perlu diarahkan sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Mereka harus dibantu untuk membentuk nilai-nilai yang memungkinkan mereka untuk membuat pilihan bijaksana dan menggunakan kebebasan mereka secara bijaksana.

Mendorong orang tua membantu remaja mengenali perubahan yang ada pada dirinya?

Pengalaman mengenai masa remaja khususnya kenangan orang tua terhadap sesuatu yang sangat spesifik, seperti kencan pertama, sangat penting ditularkan kepada anak remaja. Hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua adalah apa yang mereka alami beberapa puluh tahun yang lalu, sekarang ini juga dialami oleh anak remaja mereka. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk melihat remaja dengan pandangan yang luas serta penuh perhatian, sehingga menimbulkan suatu pendekatan yang berbeda bagi para remaja.

Perubahan penting apa yang perlu diperhatikan oleh orang tua terhadap anak remaja mereka?

Masa remaja adalah periode transisi dengan perubahan fisik yang menandai seorang anak mempunyai kemampuan bereproduksi. Anak perempuan mulai mengalami menstruasinya, anak laki-laki mulai ejakulasi. Serta tingkah laku mereka pada saat itu akan berubah cepat dan kadang-kadang menimbulkan suatu pertentangan.Ada dua hal yang paling menonjol dalam kehidupan remaja yaitu:
  • Keinginan untuk mencari identitas diri
  • Keinginan untuk tidak tergantung dari orang lain khususnya orang tua.

Pada masa itu mereka akan mulai mencari dan mencoba mencari identitas diri (Siapa saya? Apa yang orang lain pikirkan tentang saya? Apa yang saya sukai? Siapa orang-orang penting dalam hidup saya?) dan mencoba untuk menentukan kemampuannya dan mencoba mengukur kapasitasnya (Seberapa jauh saya dapat pergi? Apa yang dapat saya kerjakan? Berapa yang dapat saya ambil?  Seberapa tidak tergantungnya saya? Dan lain sebagainya)

Perubahan-perubahan fisik yang perlu disadari oleh anak remaja pada saat mereka memasuki dunia remaja?

Masa pubertas atau masa transisi dari dunia anak-anak ke dunia dewasa secara fisik ditandai dengan berbagai perubahan. Berbagai perubahan tersebut alamiah sifatnya, namun hal ini tidak diketahui oleh remaja yang bersangkutan jika mereka tidak dijelaskan sesuai dengan nalar dan alam pkiran mereka. Ketidaktahuan tersebut berdampak pada kebingungan, kecemasan, ketakutan, atau bahkan pemberotakan diri.
Berbagai perubahan dan tingkat kematangan berbeda antar seorang dengan lainnya. Penting bagi orang tua untuk mengkomunikasikan atau memberikan pengertian mengenai hal tersebut kepada para remaja. Para remaja membutuhkan keyakinan khusus bahwa yang mereka alami adalah sesuatu yang alamiah dan perbedaan yang terjadi antara dirinya dengan teman sebaya lainnya bukanlah suatu kekurangan atau kelainan.


Perubahan tingkah laku dan emosional yang dihadapi oleh para orang tua terhadap anak-anak yang mulai meningkat remaja?

Masa remaja juga ditandai dengan kondisi emosional yang kuat, kuatnya emosi ini kadang-kadang menimbulkan kembali pertengkaran-pertengkaran yang sudah berlalu dan terkadang akan menimbulkan rasa kebencian lagi. Tingkat emosi anak-anak remaja dapat dilihat dengan berbagai cara seperti, temperamental (mudah marah), sering menolak untuk berkomunikasi.

Mengapa orang tua perlu memberikan perhatian serius tentang pendidikan seks kepada para remaja mereka?

Keingintahuan remaja sangat besar. Dalam kondisi dimana teknologi informasi dan komunikasi begitu bebas dewasa ini maka kesempatan remaja untuk memperoleh informasi terhadap berbagai hal termasuk masalah seks sangatlah terbuka. Masalahnya adalah tidak semua infomasi yang tersedia merupakan informasi yang benar dan tepat bagi kehidupan remaja. Jika kemudian remaja mendapatkan informasi yang tidak benar maka hal ersebut akan berpengaruh pada ‘nilai’ keidupan mereka.
Orang tua sangat berperan dalam menimbulkan nilai-nilai positif remaja perihal kehidupan seksual mereka seperti bahaya PMS dan HIV/AIDS, hubungan seks bebas, kehamilan usia muda dan lain sebagainya.

Bagaimana agar orang tua diterima oleh remaja?

Ada beberapa tips orang tua dapat berkomunikasi dengan remaja yaitu:
  • Pengenalan terhadap diri anda
  • Menganali masalah-masalah anda
  • Mengenali anak-anak anda
  • Ciptakan rasa keterbukaan dalam memberikan informasi yang mendidik mengenai masalah seksual kepada anak anda

Kendala apa yang dihadapi oleh orang tua dalam memberikan pendidikan seks kepada remaja mereka?

Kendala budaya, pengetahuan serta beban psikologis seringkali menjadi hambatan bagi orang tua dalam berkomunikasi tentang masalah seksual yang sehat dan bertanggung jawab dengan para remaja. Namun satu hal yang harus senantiasa diingat oleh orang tua bahwa peran mereka dibutuhkan oleh para remaja. Jika orang tua tidak mengambil peran tersebut maka dunia luar yang akan mengambilnya. Oleh karenanya orang tua harus dengan berbagai cara berupaya untuk membuka komunikasi tersebut. Orang tua tidak bisa menghindari anak-anaknya dari pengetahuan akan seks. Mereka akan mencari sendiri atau memperoleh informasi dari lingkungan dimana mereka bergaul. Informasi tersebut dapat berupa film, majalah, buku cerita atau komik porno, ataupun cerita dari teman-teman sebaya.
Oleh karena itu orang tua mutlak perlu meningkatkan pengetahuan mereka seputar kehidupan seksual yang sedang banyak terjadi misalnya penyebaran HIV/AIDS untuk kemudian didiskusikan dengan anak remaja mereka.

Bagaimana orang tua secara efektif membina pendidikan seks pada keluarga?

Walaupun tidak ada batasan bagaimana sebaiknya memberikan pendidikan seks kepada anak remaja, namun berbagai studi dan pendapat para ahli memperlihatkan bahwa sifat keterbukaan, perhatian, cinta dan rasa persahabatan yang diberikan oleh orang tua kepada para remaja mampu membina pendidikan seks dalam keluarga. 

Share this

0 Comment to "BAGAIMANA MENJADI ORANG TUA BAGI REMAJA"

Posting Komentar